Penyebab Saldo BPNT Kosong, Cek Disini Dengan Teliti

Penyebab Saldo BPNT Kosong

Penyebab Saldo BPNT Kosong – Bansos BPNT atau BSP merupakan bantuan sosial yang diberikan oleh Pemerintah pusat untuk keluarga dengan kategori miskin atau rentan miskin dalam bentuk non tunai dengan jumlah bantuan sebesar Rp. 200.000.

Bantuan sosial tersebut oleh pemerintah mewajibkan penerimanya membeli bahan pokok keperluan makan sehari-hari atau sembako, Keluarga Penerima Manfaat tidak boleh mengambil dana bantuan tersebut dalam bentuk tunai atau uang cash.

Kuota dana saldo BPNT tersebut sebesar Rp.200.000 yang diberikan setiap bulan bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk membeli sembako berupa beras, telur, ayam, daging hingga buah di agen e-warong yang ditunjuk sebagai tempat mengambil/mencairkan kuota bantuan.

Baca Juga : 

Meskipun pemerintah menyalurkan bansos BPNT setiap bulan, namun banyak sekali keluhan dari Keluarga Penerima Manfaat disebabkan banyaknya saldo KPM BPNT yang kedapatan kosong alias zonk.

Kasus saldo nol atau saldo kosong di rekening KPM BPNT meski sebagai penerima bansos BPNT memang sering terjadi yang disebabkan karena banyak faktor.

Salah satu penyebab yang paling banyak adalah karena si penerima bansos tersebut sudah tidak terdaftar lagi masuk pada data Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Meskipun banyak saldo BPNT yang kosong, tetapi masyarakat tidak perlu khawatir selama tercatat sebagai penerimannya karena bansos tersebut pasti disalurkan oleh pemerintah apabila memang telah memenuhi syarat dapat bantuan.

Berikut ini adalah beberapa penyebab saldo BPNT kosong dan langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya, diantaranya sebagai berikut :

Data KPM Tidak Padan DTKS

Status Kepesertaan : Aktif
Penyebab : Data NIK peserta tidak padan dengan DTKS
Solusi : Datang ke Kelurahan, kemudian hubungi operator SIKS-NG dan lakukan pencocokan data antara KTP, KK dan data yang tercantum di DTKS

Data KPM Tidak Padan Dukcapil

Status Kepesertaan : Aktif
Penyebab : Data NIK peserta padan dengan DTKS namun tidak padan dengan data Dukcapil
Solusi : datang ke bagian pelayanan di dukcapil kemudian minta dilakukan pengaktifan nomor KTP dan KK, jika KTP dan KK belum update, maka lakukan pembaharuan KTP dan KK lalu aktifkan keduanya saat itu juga setelah KTP dan KK sudah tercetak.

Data KPM tidak padan di Bank (Bank Penyalur)

Status Kepesertaan : Aktif
Penyebab : Data peserta sudah padan dengan DTKS dan Dukcapil akan tetapi data di bank belum padan.
Solusi : siapkan KTP, KK, Buku Tabungan Rekening bansos, dan Surat Pengantar dari Dinas Sosial setempat yang menyatakan bahwa anda benar-benar termasuk KPM bansos BPNT, kemudian datang ke Bank penyalur dan hubungi CS, untuk melakukan pencocokan dan ajukan perbaikan data sesuai dokumen.

Data keseluruhan sudah padan tapi saldo masih kosong

Status Kepesertaan : Aktif
Penyebab : Penyaluran bansos dilakukan secara bertahap menjadi beberapa termin
Solusi : Tunggu sekitar 1-2 minggu karena proses penyaluran bansos BPNT dilakukan secara bertahap dan melalui beberapa termin mengingat banyaknya bansos BPNT yang disalurkan setiap bulannya.

Baca Juga : 

Data Dihapus

Status Kepesertaan : Dihapus
Penyebab : Dinilai sudah tidak layak lagi mendapat bansos BPNT oleh kemensos dengan melihat desil-nya sudah melewati ambang batas yang sudah ditentukan oleh kemensos.

Demikian beberapa informasi terbaik dengan penyebab saldo BPNT kosong, kalau para pembaca setia rinjanigaleri.com menemukan kasus seperti itu saat ini maka segera lakukan langkah-langkah diatas, supaya saldo kosong tidak terjadi dalam waktu yang lama bahkan imbasnya bisa mengakibatkan terputusnya bansos tersebut.

Post a Comment for "Penyebab Saldo BPNT Kosong, Cek Disini Dengan Teliti"