Punya KKS PKH Terblokir? Simak baik baik Penyebabnya disini

KKS PKH Terblokir

KKS PKH Terblokir – Pemegang Kartu KKS PKH disebut sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bansos PKH, dana bantuannya disalurkan dalam bentuk tunai, berbeda dengan bansos BPNT yang salurkan dalam bentuk non tunai.

Dana bansos PKH adalah bersumber dari APBN yang dititipkan lewat Kementrian Sosial RI yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat yang sudah memenuhi kriteria konponen keluarga yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Bansos PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin atau rentan miskin yang sudah ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat program bansos PKH.

Pemerintah melalui Kementrian Sosial RI memberikan bansos PKH kepada masyarakat tentunya setelah memenuhi kriteria sebagai calon penerima bansos tersebut.

Adapun secara umum syarat dan kriteria sebagai calon penerima bansos PKH adalah, tergolong dari keluarga tidak mampu alias miskin, sudah termasuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dan memenuhi salah satu dari 3 komponen yang sudah ditetapkan sebagai penerima bansos PKH.

Baca Juga : 

Bansos PKH disalurkan lewat sebuah kartu yang disebut Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) PKH yang berwarna Merah Putih.

Kartu KKS PKH tersebut merupakan sebagai alat transaksi mencairkan kuota bantuan yang masuk setiap bulannya, namun sejak beberapa tahun yang lalu, kuotanya dicairkan per triwulan.

Tanpa adanya KKS PKH tersebut maka proses transaksi pencairan kuota bansos yang masuk tidak akan berjalan cepat seperti biasanya, apalagi kalau kondisi KKS PKH tersebut dalam keadaan terblokir

Oleh karena itu mengingat begitu pentingnya keberadaan KKS PKH, maka seyogyaga dijaga dan simpan baik-baik, jangan sampai diberikan kepada orang lain yang tidak bisa dipercaya, apalagi kalau sampai terblokir.

Penyebab Kartu KKS PKH Terblokir

Penyebab utama kartu KKS PKH terblokir yaitu pada saat mengecek atau transaksi pengambilan kuota bansos PKH si pengguna salah memasukkan PIN sampai 3 (tiga) kali berturut-turut.

Kalau terjadi salah memasukkan PIN 3 (tiga) kali dalam satu hari maka wajib PIN akan terblokir, karena aturan dari perbankan salah memasukkan PIN 3 (tiga) kali dalam satu hari maka PIN akan terblokir, nah kalau sudah begitu maka kartu ATM PKH tersebut tidak bisa digunakanan sampai diperbaiki di Bank bersangkutan.

Penyebab lainnya bisa juga karena kartu KKS PKH jatuh saat dalam perjalanan pulang kemudian ditemuan oleh orang lain, kemudian yang menemukannya mencoba untuk mengecek saldonya, karena tidak tahu PIN nya maka karena coba-coba terjadi kesalahan memasukkan PIN.

Tips Agar KKS PKH Tidak Terblokir

Memang walaupun PIN ATM KKS PKH terlanjur terblokir tidak serta merta menghalangi Pemegang ATM Bansos PKH mengambil atau membelanjakan kuota bansosnya, karena sesungguhnya tanpa ATM KKS PKH masih bisa melakukan transaksi pembelanjaan kuota bansos.

Baca Juga : 

Kalau KKS PKH terblokir langkah yang bisa dilakukan oleh KPM adalah pada saat mau mencairkan kuota bansosnya bisa dengan cara langsung datang ke Bank Penyalur untuk melakukan transaksi dengan menggunakan buku rekening bansos PKH yang ada.

Sebaiknya sebelum terjadi PIN ATM KKS PKH terblokir ada baiknya melakukan tindakan pencegahan agar tidak sampai terjadi. Diantara langkah-langkah yang bisa dilakukan antara lain sebagai berikut :
  1. Simpan baik-baik Buku Rekening dan ATM KKS PKH.
  2. Jangan memberikan orang lain memegang Buku Rekening dan ATM KKS PKH kecuali kepada orang yang sudah dipercara
  3. Ingat baik-baik nomor PIN ATM KKS PKH, jangan memberitahukan kepada orang lain karena PIN sifatnya sangat rahasia.
  4. Jangan menulis PIN ATM KKS PKH di buku rekening bansos PKH
  5. Jaga Kerahasiaan PIN ATM KKS PKH.

Post a Comment for "Punya KKS PKH Terblokir? Simak baik baik Penyebabnya disini"