Punya KKS BPNT Terblokir? Inilah Cara Cepat Membuka Blokirannya

KKS BPNT Terblokir

KKS BPNT Terblokir – Mendapatkan bansos dari pemerintah merupakan kebahagian tersendiri bagi para penerimanya, lebih-lebih kepada keluarga dari kalangan ekonomi miskin atau rentan miskin, termasuk salah satunya bansos BPNT.

Walaupun banyak masyarakat yang menginginkan mendapatkan bansos BPNT akan tetapi tidak semua yang berhasil mendapatkannya, karena memang pemerintah sudah menetapkan kriteria dan syarat sebagai penerimanya.

Bansos BPNT diperuntukkan bagi keluarga dengan ekonomi miskin atau rentan miskin dan tentunya yang sudah memenuhi kriteria dan syarat sebagai calon penerimanya

Pemerintah memberikan bansos BPNT kepada keluarga miskin atau rentan miskin sebagai bentuk upaya langkah pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan di Indonesia.

Bansos BPNT sudah diberikan pemerintah sejak tahun 2017 silam sampai dengan saat ini, banyak sekali masyarakat yang terbantu utamanya bagi penerima bansos yang memang betul-betul dari golongan keluarga miskin, ya tidak bisa dipungkiri banyak juga dari penerima bansos BPNT yang tergolong keluarga mampu.

Dana bansos BPNT disalurkan dari kartu KKS BPNT yang berwarna merah putih yang sudah dipersiapkan oleh pemerintah dengan nominal Rp. 200.000 setiap bulannya.

Maka beruntunglah bagi masyarakat yang mendapat bansos BPNT atau bansos lainnya, karena tidak bisa dipungkiri juga bahwa dengan mendapatkan bansos tersebut bisa digunakan untuk mengurangi beban pengeluaran kebutuhan hidup sehari-hari.


Namun apa yang terjadi kalau sudah mendapatkan bansos BPNT tapi yang terjadi adalah kondisi kartu KKS BPNT terblokir, sungguh keadaan tersebut bisa mempengaruhi proses pada saat mencairkan dana bansos tersebut.

Saat ini tidak sedikit dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bansos BPNT yang kedapatan KKS BPNT nya dalam kondisi terblokir.

Banyak sekali penyebab terjadinya kartu KKS BPNT terblokir salah satu penyebabnya adalah karena kesalahan infut PIN melebihi batas limit perhari yaitu 3 kali.

Sebagaimana kita ketahui aturan dari Perbankan kalau terjadi salah infut kode PIN sebanyak 3 kali berturut-turut dalam satu hari, maka sistem akan membaca ada sesuatu yang tidak beres maka sistem akan memblokir KKS tersebut.

Tips Supaya KKS BPNT Tidak Terblokir

Walaupun PIN ATM KKS BPNT sudah terlanjur terblokir tidak serta merta menghalangi pemiliknya mengambil atau membelanjakan kuota bansosnya, karena sesungguhnya tanpa ATM KKS BPNT masih bisa melakukan transaksi pembelanjaan kuota bansos.

Alternatif yang bisa lakukan kalau KKS BPNT terblokir adalah pada saat mau mencairkan kuota bansosnya bisa dengan cara langsung datang ke Bank Penyalur untuk melakukan transaksi dengan menggunakan buku rekening bansos BPNT yang ada.

Namun sebaiknya sebelum terjadi PIN ATM KKS BPNT terblokir ada baiknya melakukan tindakan pencegahan agar tidak sampai terjadi. Diantara langkah-langkah yang bisa dilakukan antara lain sebagai berikut :
  1. Simpan baik-baik Buku Rekening dan ATM KKS BPNT.
  2. Jangan memberikan orang lain memegang Buku Rekening dan ATM KKS BPNT kecuali kepada orang yang sudah dipercara
  3. Ingat baik-baik nomor PIN ATM KKS BPNT, jangan memberitahukan kepada orang lain karena PIN sifatnya sangat rahasia.
  4. Jangan menulis PIN ATM KKS BPNT di buku rekening bansos BPNT
  5. Jaga Kerahasiaan PIN ATM KKS BPNT.

Cara Membuka Blokiran KKS BPNT Terblokir

Apabila sudah terlanjur memiliki KKS BPNT yang PIN-nya sudah terblokir maka jangan berdiam diri saja tanpa melakukan tindakan apapun, untuk membuka blokirannya segera laporkan kepada pendamping Program atau bisa langsung mengurus sendiri kalau memang ada waktu dan bisa dilakukan tanpa bantuan pendamping.

Baca Juga : 

Banyak langkah dan cara yang bisa dilakukan oleh KPM Pemegang KKS BPNT yang KKS BPNT-nya terlanjur terblokir.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk membuka blokirannya adalah dengan langsung mendatangi BANK penyalur bansos BPNT tersebut tentunya dengan membawa berkas-berkas yang dibutuhkan.

Berikut ini adalah berkas yang harus dipersiapkan ketika mau ke BANK mengurus KKS BPNT yang terlanjur terblokir.
  1. Identitas Diri (E-KTP asli)
  2. Buku Tabungan Rekening bansos BPNT
  3. ATM KKS BPNT yang terblokir
Kemudian setelah sampai di kantor bank penyalur bansos BPNT setempat, segera temui bagian Pelayanan Nasabah (Customer Service) dan sampaikan maksud dan tujuannya.

Ketika berkas sudah lengkap dan dianggap valid kebenaran data yang dibawa, maka petugas bank akan memberikan formulir yang berisi perintah dari nasabah untuk membuka PIN yang terblokir tadi. Masalah PIN KKS BPNT Terblokir BERES.!!!

4 comments for "Punya KKS BPNT Terblokir? Inilah Cara Cepat Membuka Blokirannya"

  1. Berita nya sangat membantu nih

    ReplyDelete
  2. Mantap Tuan Ketua....dan ini bermafaat bagi masyarakat

    ReplyDelete
  3. Terima kasih info nya

    ReplyDelete