10 Keutamaan dan Manfaat Shalat Sunnah Tahajjud Bagi Manusia

10 Keutamaan dan Manfaat Shalat Sunnah Tahajjud

10 Keutamaan dan Manfaat Shalat Sunnah Tahajjud - Shalat sunnah tahajjud merupakan salah satu ibadah shalat sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan dari sekian banyak shalat sunnah yang ada tentunya dengan segala bentuk keutamaan dan manfaatnya bagi ummat muslim.

Ibadah shalat tahajjud ini dilakukan pada malam hari dan harus tidur terlebih dahulu. Hal inilah yang membuat salat tahajjud menjadi ibadah yang cukup berat untuk dilakukan. Akan tetapi, Allah SWT menjanjikan banyak hal bagi hamba-hambanya yang rutin melakukan salat tahajjud.

Di dalam al-Qur’an Shalat tahajjud merupakan salah satu shalat sunnah yang mendapatkan perhatian tinggi, oleh karena itu tentunya sangat bagus untuk dilakukan oleh ummat muslim.

Salah tahajjud adalah salah satu ibadah yang ada di dalam agama Islam. Ibadah salat ini dilakukan pada malam hari dan harus tidur terlebih dahulu. Hal inilah yang membuat salat tahajjud menjadi ibadah yang cukup berat untuk dilakukan. Akan tetapi, Allah SWT menjanjikan banyak hal bagi hamba-hambanya yang rutin melakukan salat tahajjud.

Dalam kehidupan sehari-hari, shalat Tahajjud juga dapat membantu kita mengatasi masalah atau rintangan yang kita hadapi, baik itu masalah kesehatan, pekerjaan, atau hubungan. Shalat Tahajjud dapat memberikan kekuatan spiritual dan mental yang diperlukan untuk menghadapi masalah tersebut, dan membantu kita menemukan solusi yang tepat.

Shalat tahajjud memiliki beberapa keutamaan sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahuanhu (RA), Nabi shallallahualaihi wa sallam (SAW) bersabda:

"Allah Subhanahu wa Taala turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Kemudian Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku ijabahi doanya, siapa yang meminta-Ku akan Aku beri dia, dan siapa yang minta ampunan kepada-Ku akan Aku ampuni dia." (HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, dan lainnya).

Ada banyak sekali keutamaan yang akan didapatkan ummat muslim apabila melaksanakan shalat tahajjud. Dalam artikel ini akan dipaparkan 10 diantaranya.

Keutamaan dan Manfaat shalat sunnah Tahajjud

1. Shalat yang Paling Afdhol Setelah Shalat Lima Waktu

Shalat tahajjud merupakan shalat yang paling afdhol setelah shalat lima waktu. Shalat tahajjud dilaksanakan pada tengah malam yang akan memberikan waktu dan suasana khusu’ untuk berdoa. Diwaktu tersebut kita dapat menumpahkan segala keluh kesah yang kita rasakan kepada Sang Kholiq. Hanya kepadanya tempat yang tepat untuk mengadu dan meminta.

Diriwayatkan dari Ibnu Umar r.a, bahwa ia berkata: Sesungguhnya Nabi SAW telah bersabda:’

“Jadikanlah shalat witir sebagai akhir shalat kalian di malam hari.” (HR. Bukhori (II/406), Muslim (751), Abu Dawud (1438) dan nasa’I (230-231)

Hati kita akan merasa aman, nyaman serta keikhlasan akan tercipta pada setiap kejadian yang telah menimpa dalam kehidupan. Karena shalat tahajjud ini merupakan shalat yang afdhol setelah shalat fardu maka Allah memberikan banyak keistimewaan kepada orang yang mau dengan ikhlas dalam melaksanakannya. Makna ikhlas yang melakukannya semata-mata hanya karena Allah.

2. Mendapatkan Tempat Terpuji di Sisi Allah Swt

Sebagaimana dalam surat Al-Isra bahwa Allah SWT berfirman tentang salah satu manfaat shalat tahajjud, yaitu dapat meninggikan derajat umat manusia di sisi Allah Swt. oleh karena itu, jika melaksanakan shalat tahajjud akan mendapatkan tempat terpuji dan senantiasa akan dilindungi oleh Allah Swt dari bahaya dan kesulitan. Hal ini juga dapat memberikan keselamatan di dalam kehidupan dunia ataupun akhirat.

Allah Swt. berfirman dalam surat Al-Isra bahwa manfaat shalat tahajjud dapat meninggikan derajat manusia. Ia akan mendapatkan tempat terpuji dan senantiasa dilindungi oleh Allah Swt. Mendapatkan tempat terpuji di sisi Allah juga dapat berarti keselamatan dalam kehidupan dunia dan akhirat.

3. Dikabulkan doanya dan diampuni dosa-dosanya

Diriwayatkan dalam sebuah hadis bahwa Allah Swt. turun ke langit dunia pada sepertiga malah terakhir dan mengabulkan doa serta mengampuni dosa. Hal tersebut tertera dalam hadis berikut. "Pada tiap malam, Tuhan kamu turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Dia berfirman, "Barangsiapa yang menyeru-Ku, akan ku perkenankan seruannya. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaannya. Dan barangsiapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia." (HR. Bukhari dan Muslim).

Diriwayatkan dari Jabir r.a, bahwa ia berkata: Aku telah mendengar Rasulullah SAW bersabda :

“Sesungguhnya diwaktu malam itu terdapat suatu waktu yang jika saja bertepatan dengan waktu itu seorang hamba muslim memohon kebaikan kepada Allah berkenaan dengan urusan dunia dan akhirat, sudah pasti Allah akan memberikannya kepadanya. Waktu itu terdapat pada setiap malam.” (HR. Muslim)

4. Dijanjikan Masuk Surga

Janji Allah SWT terhadap orang yang rajin melaksanakan salat tahajjud adalah surga. Hal itu tercantum dalam hadis riwayat berikut:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَفْشُوا السَّلاَمَ، وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ، وَصِلُوا اْلأَرْحَـامَ، وَصَلُّوْا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ، تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلاَمٍ.

“Wahai manusia, tebarkan salam, berilah makan, sambunglah tali silaturahmi dan salatlah di malam hari saat manusia tertidur, niscaya kalian akan masuk ke dalam surga dengan selamat.” (HR Tirmidzi)

5. Mendapatkan Ridha Allah SWT.

Manfaat orang yang shalat tahajjud akan mendapatkan ridha Allah Swt. sebagaimana tercantum dalam hadis berikut. “Tiga orang yang diridhai Allah Swt. yaitu seorang yang pada tengah malam bangun dan shalat, suatu kaum (jamaah) yang bershaf untuk shalat, dan suatu kaum yang berbaris untuk perang di jalan Allah.” (HR. Abu Ya'la).

6. Diberi Ketenteraman Hati dan Pikiran

Manfaat shalat tahajjud yang dilakukan secara konsisten dapat membawa ketenteraman hati dan pikiran. Shalat tahajjud adalah waktu untuk berkomunikasi kepada Allah Swt., dimana umat muslim dapat mencurahkan segala isi hati dan memohon pertolongan kepada Allah Swt.

Kedekatan antara Allah Swt. dan orang yang shalat tahajjud niscaya dapat membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang dalam menghadapi kehidupan yang dinamis ini.

Manusia merupakan makhluk yang bergantung pada Allah. Semua yang manusia lakukan, di manapun dia berada, apa pun isi hatinya, hanya Allah yang tahu. Tak ada yang bisa disembunyikan dari Allah SWT, bahkan bisikan terhalus dari hati dan pikirannya. Semua rasa takut, gelisah dan gundah yang hadir di hati seseorang, bisa dengan mudah Allah gantikan dengan ketenangan dan ketentraman. Semua itu, bisa terwujud dengan mendirikan shalat tahajjud.

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan,

“Cobalah renungkan bagaimana Allah membalas shalat malam yang mereka lakukan secara sembunyi dengan balasan yang Ia sembunyikan bagi mereka, yakni yang tidak diketahui oleh semua jiwa. Juga bagaimana Allah membalas rasa gelisah, takut dan gundah gulana mereka di atas tempat tidur saat bangun untuk melakukan shalat malam dengan kesenangan jiwa di dalam Surga.”

(Ibnul Qayyim dalam Haadil Arwaah ilaa Bilaadil Afraah: 278)

7. Menjalankan Tradisi Orang-Orang Shaleh

Shalat tahajjud adalah kebiasaan bagi orang-orang shaleh. Mereka melakukannya secara konsisten untuk menghapus dosa, mencegah berbagai penyakit, dan mencegah perbuatan dosa. Diketahui juga bahwa bangun di sepertiga malam memberikan efek yang baik untuk kesehatan tubuh, asalkan sebelumnya kita sudah tidur dengan cukup.

“Lakukanlah shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang shaleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit tubuh” (HR. Tirmidzi)

8. Membuat Tubuh Lebih Sehat Dan Dicegah Dari Perbuatan Dosa

Dalam buku “Penakluk Subuh” oleh Muhammad Iqbal dijelaskan, manfaat shalat tahajjud dapat membuat tubuh lebih sehat, dicegah dari perbuatan dosa, dan dihapus kesalahan, seperti sabda Rasulullah saw. berikut ini.

"Lakukanlah shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit dari tubuh." (HR. Tirmidzi).

9. Mendapat Pahala Berlimpah

Orang-orang yang melaksanakan shalat Tahajjud adalah orang-orang shaleh yang akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam surat Ali Imran ayat 113-115:

"Mereka itu tidak sama. Di antara ahli Kitab itu ada golongan yang berlaku lurus, mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu pada malam hari. sedang mereka juga bersujud (sembahyang). Mereka beriman kepada Allah dan hari penghabisan, mereka menyuruh kepada yang maruf dan mencegah dari yang munkar serta bersegera kepada (mengerjakan) berbagai kebajikan. Mereka itu termasuk orang-orang yang shaleh. Dan apa saja kebajikan yang mereka kerjakan, maka sekali-kali mereka tidak dihalangi (menenerima pahala)-Nya; dan Allah Maha Mengetahui orang-orang yang bertakwa."

10. Terhindar dari Berbagai Penyakit

Keutamaan shalat tahajjud yang terakhir adalah dapat membuat tubuh lebih sehat. Ini tercantum dalam sabda Rasulullah yang bunyinya sebagai berikut:

"Lakukanlah shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit dari tubuh." (HR. Tirmidzi)

Post a Comment for "10 Keutamaan dan Manfaat Shalat Sunnah Tahajjud Bagi Manusia"