6 (enam) Balasan Bagi Orang yang Bersedekah dan Berinfak

6 (enam) Balasan Bagi Orang yang Bersedekah dan Berinfak

Bersedekah merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam islam, dengan melakukan sedekah bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sedekah adalah salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan juga oleh Rasulullah SAW. Sedekah yang dilakukan secara ikhlas dapat mendatangkan pahala bagi yang melakukannya, namun sebaliknya sedekah yang dilakukan dengan tujuan tertentu (riya', sombong, dsb) maka sedekahnya hanya sia-sia belaka

Dengan bersedekah, akan banyak yang mendapatkan manfaat apalagi jika bersedekah bukan hanya kepada individu namun kepada kelompok atau lembaga yang bergerak untuk ummat, baik itu lembaga pendidikan maupun lembaga sosial.

Sedekah bisa dilakukan dengan apa saja, karena sedekah tidak hanya dilakukan dengan cara memberikan sesuatu. Namun, dapat juga dilakukan baik dengan memberikan jasa, menolong orang lain dan sebagainya asal dilakukan dengan ikhlas.

Bahkan, dalam sebuah hadits digambarkan "Memberikan senyuman kepada saudaramu adalah sedekah."

Sedekah berbeda dengan zakat dan infaq, karena sedekah bisa dilakukan di manapun dan kapanpun kita berada. Sedekah memiliki berbagai macam keutamaan dan manfaat sesuai yang telah Allah janjikan kepada kita.

Banyak sekali manfaat yang didapatkan oleh orang yang melakukan ibadah sedekah, allah akan membalas kebaikan orang yang melakukan ibadah sedekah, baik itu secara langsung maupun nanti diakhirat, berikut ini adalah beberapa janji Allah kepada orang yang melakukan ibadah bersedekah.
  1. Sedekah dapat Menghapus Dosa
  2. Mendapatkan Naungan di Hari Akhir
  3. Allah Melipatgandakan Pahala Orang yang Bersedekah
  4. Terdapat Pintu Surga yang Hanya dapat Dimasuki Orang yang Bersedekah
  5. Dapat Membebaskannya dari Siksa Kubur
  6. Menjauhkan Diri dari Api Neraka
Namun tidak sedikit juga orang yang sangat mencintai hartanya sehingga tidak berani melakukan ibadah sedekat, bahkan tidak perduli kepada kondisi orang lain baik disekitarnya apalagi orang yang tidak berada dilingkungannya.

Dalam hal bersedekah kita dianjurkan untuk memberikan yang terbaik atau yang sangat kita sukai, bukan yang sudah tidak kita sukai lagi, Islam mengajarkan bahwa sedekahkan apa yang kamu sukai. Qur’an Surat Ali-Imran Ayat 92:

Yang artinya:

“Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui”

Sesungguhnya harta yang kita miliki semuanya adalah titipan dari Allah, dan sewaktu-waktu bisa saja diambil kembali oleh-Nya. Tetapi masih saja banyak orang yang mencintai hartanya secara berlebihan, dan mereka juga enggan mengeluarkannya di jalan Allah dengan berinfak.

Umat muslim yang beriman sangat paham bahwa sedekah merupakan amalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Namun, tahukah Anda, sejatinya Allah justru akan mendekatkan diri-Nya kepada hamba-hamba yang bersedekah.

Itulah cara Allah dalam membalas niat baik para hamba-Nya sebagaimana yang tercantum dalam hadist Rasullullah:

“Barang siapa berniat sedekah, kecepatan Allah membalasnya lebih dari kecepatan gerakan sedekahnya.” (Hadist Qudsi)

Meskipun masih dalam bentuk niat, ternyata Allah sudah mencatat amal baik seseorang yang ingin bersedekah. Maka Allah akan membalas niat baik hamba-Nya tersebut, lebih cepat dari aksi sedekah itu sendiri.

Maka dari itu, jangan ragu menebar kebaikan melalui sedekah kepada sesama. Allah tak segan-segan menunjukkan pertolongannya bagi hamba-hamba yang senantiasa bersedekah.

Allah Ta’ala berfirman:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Al Baqarah: 261).

Post a Comment for "6 (enam) Balasan Bagi Orang yang Bersedekah dan Berinfak"