4 Dahsyatnya Keutamaan Rutin Membaca Istighfar. Salah Satunya Mengabulkan Do'a. Cek Faktanya Disini

4 Dahsyatnya Keutamaan Rutin Membaca Istighfar

Istighfar merupakan salah satu amalan penting dalam islam, maka tidak heran jika umat Islam sangat dianjurkan untuk mengamalkannya setiap hari, Rasulullah saja dalam setiap hari, tidak kurang dari 100 kali membacanya. 

An-Nasa’ai meriwayatkan dari Ibnu Umar bahwa ia mendengar Rasulullah SAW mengucapkan: "Aku memohon ampunan kepada Allah Yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Hidup kekal dan terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Aku memohon tobat kepadaNya" dalam satu majlis sebelum bangkit darinya, sebanyak seratus kali

Membaca istighfar merupakan bacaan ketika kita memohon ampun atas kesalahan yang pernah kita perbuat kepada Allah SWT, dengan cara membacanya secara berulang-ulang setiap hari, yaitu dengan membaca 'astaghfirullah al azdim wa’atubuilahi'. 

Kita sebagai manusia merupakan makhluk yang tak pernah luput dari salah dan dosa. Maka jika ingin memohon ampunan atas kesalah atau dosa tersebur maka hendaknya rutin membaca istighfar. 

Baca Juga :
Bacalah Do'a di Bawah Ini, Niscaya Setiap Hajatmu Akan Tercapai

Banyak sekali dari keutamaan membaca istighfar yang sudah dijelaskan baik itu dalam al-qur’an maupun hadits Rasulullah SAW, dalam kesempatana ini admin akan berbagi 4 Dahsyatnya Keutamaan Rutin Membaca Istighfar yaitu sebagai berikut : 

4 Dahsyatnya Keutamaan Rutin Membaca Istighfar Setiap Hari

1. Menghapus dosa

Membaca istighfar merupakan salah satu bacaan untuk memohon ampunan dari Allah SWT, Dengan rutin membaca Istighfar maka dosa-dosan yang sudah dilakukan akan dihapus oleh-Nya. Seperti firman Allah SWT dalam surah Al Anfal : 33

Artinya:” Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun. (Al Anfal:33) Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata :

"Allah Ta'ala mengabarkan, bahwa Allah Ta'ala tidak akan mengazab orang yang beristighfar (memohon ampun dari dosa). Karena istighfar itu akan menghapus dosa yang dosa itu sendiri merupakan penyebab datangnya adzab, sehingga adzab itupun sirna dengan cepat."

Sesuai dengan perkataan Rasulullah dalam sebuah hadits. Rasulullah SAW bersabda “Allah telah berkata wahai hamba-hambaKu setiap kalian pasti berdosa kecuali yang aku jaga, maka beristighfarlah kalian kepada-Ku, niscaya kalian aku ampuni dan barangsiapa yang meyakini bahwa aku punya kemampuan untuk mengampuni dosa-dosanya, maka akan mengampuni dosa-dosanya, maka aku akan mengampuninya dan aku tidak peduli (seberapa banyak dosanya),” (HR.Ibnu Majah, Tirmidzi).

2. Mengabulkan doa

Berdoa dengan membaca istigfhar merupakan bacaan seorang muslim untuk memohon sesuatu kepada Allah SWT. Seorang muslim tentu menginginkan do’anya terkabul. Salah satu keutamaan istighfar yaitu mengabulkan doa-doa. Allah SWT berfirman:

Nabi Muhammad SAW berkata kepada kaumnya sebagaimana yang Allah jelaskan dalam firman-Nya,

“Wahai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada sembahan (yang hak) bagi kalian, kecuali Dia. Dia telah menciptakan kalian dari bumi (tanah) dan menjadikan kalian sebagai pemakmur (bumi) itu maka beristighfarlah kepada-Nya, kemudian bertaubatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Rabb-ku amatlah dekat lagi mengabulkan (doa hamba-Nya).” (Hud: 61)

Maka barang siapa yang mau keinginan atau hajatnya tercapai maka perbanyaklah membaca istigfar setiap hari, maka semua keinginanan akan terwujud.

“Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka” (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya dinilai sahih oleh al-Hakim serta Ahmad Syakir).

3. Membuka Pintu Rezeki

Membaca istighfar tidak hanya untk memohon ampunan dari Allah SWT, atas dosa-dosa yang pernah dilakukan. Namun, juga bisa membukakan pintu rezeki. Hal itu dijelaskan Allah SWT dalam firmannya di Surat Nuh ayat 10-12.

‎ فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا * يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا * وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

"Maka Aku katakan kepada mereka: Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha-Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan kepadamu hujan lebat, dan membanyakkan harta, anak-anak, dan mengadakan untukmu kebun-kebun, serta mengadakan untukmu sungai-sungai.'' (QS Nuh : 10-12).

Memiliki rezeki yang lancar dan melimpah merupakan keinginan dari hampir semua manusia, maka barang siapa yang menginginkan rezekinya lancar hendaklah memperbanyak membaca istigfhar dalam hidupnya. 

Baca Juga :
Ketua Pontren Miftahul Faizin NW Ketangga Tekankan Pentingnya Kualitas Daripada Kuantitas

Di zaman sekarang ini tentu uang sangatlah berarti. Namun jangan terlalu mengandalkan uang, karena uang bisa menjebak Anda. Salah satu ujian seorang muslim yaitu kekayaan. Bisa jadi karena kekayaan tersebut seorang muslim jadi buta karena harta. Memohonlah kepada Allah agar diiberikan rezeki yang berkah. Salah satunya dengan membaca istighfar. 

4. Amalan ketika Bertaubat

Keutamaan membaca istighfar kepada Allah SWT lainnya adalah bisa menggugurkan dosa dalam taubat. Jika seseorang sudah bertaubat maka hendaklah membaca dan atau mengamalkan bacaan istigfhar. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dalam Hadist Riwayat Bukhari nomor 6307 yang artinya:

"Demi Allah, aku sungguh beristighfar pada Allah dan bertaubat pada-Nya dalam sehari lebih dari 70 kali.

Dengan sering membaca dan mengamalkan istigfhar kita berharap Allah SWT akan mengampuni semua dosa dan kesalahan yang sudah diperbuat selama belum bertaubat. 

Demikian 4 Dahsyatnya Keutamaan Rutin Membaca Istighfar yang dapat admin bagi kepada para pembaca setia rinjanigaleri.com pada kesempatan kali ini yang bersumber dari berbagai sumber. 

Post a Comment for "4 Dahsyatnya Keutamaan Rutin Membaca Istighfar. Salah Satunya Mengabulkan Do'a. Cek Faktanya Disini"