Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Rajab Serta Amalan yang dianjurkan

Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Rajab Serta Amalan yang dianjurkan

Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Rajab – Bulan Rajab merupakan salah satu dari 12 bulan yang terdapat dalam islam dan termasuk kategori bulan yang diistimewakan dan mendapatkan tempat tersendiri.

Terdapat banyak keutamaan dan keistimewaan pada Bulan Rajab dan bagi setiap muslim seyogyanya mengetahui dan memahami akan hal itu, kemudian berusaha melaksakan amalan-amalan yang dianjurkan untk dilakukan pada bulan tersebut.

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan haram, dimana bulan haram maksudnya adalah bulan yang dimuliakan. bulan haram merupakan bulan yang dilarang keras melakukan maksiat, serta diperintahkan bagi kita untuk mengerjakan amal sholih, adapun yang termasuk bulan haram yang dimaksud adalah Dzulqaidah, Dzulhijjah, dan Muharram dan Rajab.

Salah satu keutamaan Bulan haram dan salah satunya bulan Rajab terdapat dalam Al Quran Surat At Taubah ayat 36 yang berbunyi :

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثۡنَا عَشَرَ شَهۡرٗا فِي كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوۡمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضَ مِنۡهَآ أَرۡبَعَةٌ حُرُمٞۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلۡقَيِّمُۚ فَلَا تَظۡلِمُواْ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمۡۚ وَقَٰتِلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ كَآفَّةٗ كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمۡ كَآفَّةٗۚ وَٱعۡلَمُوٓاْ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلۡمُتَّقِينَ  

Artinya : Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

Al Qodhi Abu Ya’la rahimahullah berkata, ”Dinamakan bulan haram karena dua makna:
  1. Pada bulan tersebut diharamkan berbagai pembunuhan. Orang-orang Jahiliyyah pun meyakini demikian.
  2. Pada bulan tersebut larangan untuk melakukan perbuatan haram lebih ditekankan daripada bulan yang lainnya karena mulianya bulan itu. Demikian pula pada saat itu sangatlah baik untuk melakukan amalan ketaatan.
Terdapat banyak sekali keutamaan dan keistimewaan yang terdapat pada Bulan Rajab dan juga sangat dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan didalamnya.

Baca Juga : 

Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Rajab

  1. Dimuliakan oleh Allah dengan seribu kemuliaan di hari kiamat.
  2. Bulan Rajab adalah bulan yang disukai oleh Allah.
  3. Kemuliaan bulan Rajab terdapat dalam malam Isra' Mi'rajnya.
  4. Bulan Rajab merupakan bulan diampunkan dosa-dosanya yang bertaubat kepada-Nya.

Amalan yang dianjurkan pada Bulan Rajab

Pada dasarnya untuk berbuat kebaikan tidak perlu memilih-milih waktu melaksanakannya, akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa melakukan kebaikan pada waktu-waktu tertentu memiliki keutamaan dan kelebihan tersendiri, salah satunya pada Bulan Rajab.

Berikut ini beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada Bulan Rajab, diantaranya sebagai berikut :
  1. Memperbanyak istighfar dan membaca shalawat
  2. Jika berpuasa sehari di bulan Rajab akan mendapatkan surga tertinggi (Firdaus) dan akan lipat gandakan pahalanya.
  3. Puasa 3 hari di bulan Rajab akan dibuatkan parit yang panjang untuk menghalangi orang tersebut ke neraka (panjangnya setahun perjalanan).
  4. Puasa 7 hari di bulan Rajab akan dilindungi dari 7 pintu neraka.
  5. Puasa 16 hari di bulan Rajab akan dipertemukan dengan Allah di dalam surga dan menjadi orang pertama yang menziarahi Allah dalam surga.
  6. Puasa satu hari di bulan Rajab seumpama puasa empat puluh tahun dan akan diberi air minum dari surga.
  7. Bersedekah di bulan Rajab seperti bersedekah seribu dinar akan diangkat derajatnya.

Post a Comment for "Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Rajab Serta Amalan yang dianjurkan"