5 (lima) keutamaan bulan sya'ban yang harus kita diketahui, cek disini

5 (lima) keutamaan bulan sya'ban yang harus kita diketahui, cek disini


Keutamaan Bulan Sya'ban – Bulan Sya’ban adalah salah satu bulan yang istimewa didalam islam dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain, karena didalamnya terdapat beberapa peristiwa penting dan amalan yang sangat luar biasa jika diamalkan.

Bulan Sya’ban merupakan salah satu bulan yang memiliki keutamaan di dalamnya. Sesuai kalender Hijriah, Sya’ban adalah bulan kedelapan yang diapit dua bulan istimewa yakni, Rajab dan Ramadhan.

Pada tahun ini, Bulan Sya’ban jatuh bertepatan Jumat, 4 Maret 2022. Bulan Sya’ban merupakan pintu gerbang menuju bulan suci Ramadan. Karena itu, Muslim dianjurkan memperbanyak amalan ibadah di Bulan Syaban.

Di bawah ini admin akan berbagi informasi tentang beberapa keutamaan dari bulan sya’ban diantaranya sebagai berikut :

Rasulullah SAW paling banyak melakukan puasa pada bulan sya’ban

Aisyah RA meriwayatkan:

"Adalah Rasulullah SAW berpuasa sehingga kami mengatakan bahwa Beliau tidak berbuka dan Beliau berbuka sehingga kami mengatakan bahwa Beliau tidak berpuasa. Dan tidak pernah saya melihat Beliau lebih banyak berpuasa dalam sebulan yang lebih banyak daripada bulan Syaban," (HR Muslim).

Bulan Syaban juga merupakan bulan diangkatnya amalan manusia kepada Allah

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

"Dari Usamah ibn Zaid, beliau berkata, ' Aku berkata, 'Ya Rasulullah, aku melihat Engkau berpuasa dalam sebulan yang tidak aku lihat Engkau berpuasa seperti demikian dalam bulan yang lain.' Rasulullah SAW bersabda, 'Bulan Syaban adalah bulan antara Rajab dan Ramadhan yang banyak manusia melalaikannya.

Dalam bulan Sya'ban diangkat amalan manusia maka aku cintai tidak diangkatkan amalanku kecuali aku dalam keadaan berpuasa.' Aku berkata, 'Aku melihat Engkau berpuasa hari Senin dan Kamis dan tidak Engkau tinggalkan keduanya."

Rasulullah SAW menjawab, 'Sesungguhnya amalan hamba diangkat dalam kedua hari tersebut, maka aku cintai tidak diangkatkan amalanku kecuali aku sedang dalam keadaan puasa," (HR Al Baihaqi).

Malam Nishfu Syaban

Malam Nishfu Sya’ban adalah malam pertengahan bulan Sya’ban atau tanggal 15 Sya’ban. Pada malam ini merupakan malam termulia setelah malam Lailatul Qadar.

Umat Muslim meyakini pada alam Nishfu Sya’ban dua malaikat pencatat amal sehari-hari manusia yakni Raqib dan Atid, menyerahkan catatan amalan manusia kepada Allah. Pada malam itu, buku catatan amal yang digunakan tiap tahun diganti dengan yang baru.

Para ulama menyatakan nishfu sya’ban juga dinamakan malam pengampunan karena pada malam itu, Allah SWT menurunkan pengampunan dan mengabulkan permohonan kepada hamba-Nya yang soleh

Bersedekah

Bersedekah merupakan amal ibadah yang sangat disukai Allah SWT. Bulan Syaban perlu dijadikan momen untuk menggiatkan lagi sedekah.

Disebutkan bahwa pintu surga pun terbuka bagi orang-orang yang ikhlas mendermakan hartanya di jalan Allah maupun untuk membantu sesama yang sedang kesusahan.

Perbanyak Sholawat

Amalan Bulan Syaban lainnya yakni memperbanyak sholawat. Dalam sebuah riwayat disebutkan ayat tentang anjuran shalawat untuk Rasulullah SAW diturunkan pada bulan Syaban.

Sholawat merupakan ibadah mulia, Allah dan para malaikat-Nya juga menghaturkan shoalwat kepada Nabi SAW sebagaimana firman-Nya:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (QS. Al Ahzab: 56)

Post a Comment for "5 (lima) keutamaan bulan sya'ban yang harus kita diketahui, cek disini"