Penyalur Bansos BPNT Mulai Bulan ini dilakukan oleh PT. Pos Indonesia, cek faktanya disini


Penyalur Bansos BPNT Mulai Bulan ini dilakukan oleh PT. Pos Indonesia
Haridin Yusran (Pendamping BPNT Kecamatan Mt. Gading)

Penyalur Bansos BPNT – Bantuan Sosial (bansos) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Bantuan Sosial Pangan (BSP) dalam tiga bulan kedepan sudah tidak lagi disalurkan oleh pihak perbankan akan tetapi akan disalurkan melalui PT. Pos Indonesia

Aturan baru itu sesuai dengan surat dari Direktorat Jendral Penanganan Fakir Miskin nomor 592/6/BS.01/2/2022 tertanggal 18 Februari 2022 perihal Percepatan Penyaluran Bansos Sembako/BPNT Periode Januari s/d Maret tahun 2022

Penyaluran bansos BPNT pada tahun-tahun sebelumnya disalurkan dalam bentuk Non Tunai akan tetapi untuk periode Januari s/d Maret akan disalurkan dalam bentuk Tunai sama seperti bansos Bantuan Sosial (bansos) PKH.

Sebagaimana kita ketahui sebelumnya pencairan dana bansos BPNT dilakukan dalam bentuk Non Tunai dan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) langsug membelanjakan uangnya untuk kebutuhan sembako yang ditransaksikan pada e-warong terdekat.

Akan tetapi setelah keluarga surat edaran diatas maka pada tahun ini kuota bansos BPNT bulan Januari s/d Maret akan diberikan oleh PT. Pos Indonesia dalam bentuk Tunai.

Besaran nominal dana bansos BPNT tunai ini diberikan sama seperti sebelumnya yaitu Rp. 200.000 (dua ratus ribu rupiah) perbulannya dan diberikan langsung selama 3 (tiga) bulan yaitu bulan Januari s/d Maret.

Jadi KPM BPNT akan menerima langsung dana bansos BPNT Tunai tersebut sebesar Rp. 600.000 (enam ratus ribu rupiah), dana tersebut adalah kuota bulan bulan Januari s/d Maret tahun 2022.

Dengan perubahan yang terjadi pada lembaga penyalur maka secara otomatis syarat pengambilan juga berubah.

Sebelumnya pencairan dana bansos BPNT dilakukan via KKS ATM BPNT dengan mendatangi agen e-warong terdekat, akan tetapi pada saat ini penyaluran yang dilakukan oleh pihak PT. Pos Indonesia pengambilan dana bansos tersebut tidak lagi menggunakan KKS BPNT, akan tetapi cukup dengan KTP dan KK saja.

Proses transaksi pembayaran dana bansos dilakukan dengan Scan Barcode, Face Recognation, Foto Penerima+KTP, Foto rumah KPM serta Geo Tagg rumah KPM

Untuk lokasi pengambilan dana bansos BPNT ini ditetapkan sesuai dengan hasil koordinasi dan kesepakatan antara PT. Pos Indonseia dan Pemerintah Desa, bisa di Kantor Post langsung atau Kantor Desa Setempat.

Post a Comment for "Penyalur Bansos BPNT Mulai Bulan ini dilakukan oleh PT. Pos Indonesia, cek faktanya disini"