Lakukan Langkah Jitu Ini Sebelum Saldo Bansos BPNT Anda Kosong


Lakukan Langkah Jitu Ini Sebelum Saldo Bansos BPNT Anda Kosong
Pengecekan komuditi beras oleh Pendamping BPNT

Saldo Bansos BPNT Kosong - Memiliki dan mendapatkan Bansos BPNT memang sangat membantu dalam mengurangi beban hidup sehari-hari, namun kalau yang terjadi adalah mendapati saldo bansos BPNT yang kosong sangatlah menyakitkan, lebih-lebih kalau kondisi ekonomi sangat memprihatinkan.

Ditengah situasi kondisi dunia saat ini yang tidak menentu akibat masih penyebaran virus covid 19 di dunia termasuk di indonesia yang mengakibatkan prekonomian negara secara umum turun anjlok alias kacau balau.

Dampak dari penyebaran virus covid 19 itu sangat terasa, lebih-lebih pada wilayah yang penyebaran virus covid 19 tinggi.

Imbasnya masyarakat tidak diberikan leluasa beraktivitas seprti biasanya termasuk dalam hal mencari rezeki karena diberlakukannya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sehingga mau tidak mau kondis ekonomi akan sangat terdampak.

Situasi ini menjadi momok yang sangat mengerikan bagi masyarakat terutama masyarakat yang tingkat ekomominya rendah alias miskin. Lebih-lebih bagi yang punya pekerjaan sebagai buruh/karyawan.

Maka tidak heran kalau semua masyarakat mendambakan untuk mendapatkan bansos dari pemerintah, baik itu bansos BPNT, PKH, BST, BLT atau bansos lainnya.

Karena nyatanya bansos-bansos tersebut sangat membantu meringankan beban hidup atau pengeluaran setiap bulan bagi penerimanya.

Maka bersyukurlah bagi masyarakat yang sampai saat ini menjadi bagian dari salah satu penerima bansos BPNT atau PKH.

Baca Juga : 

Namun yang terjadi saat ini walaupun sudah menjadi bagian dari penerimanya, banyak dari mereka yang merasa galau, gundah gulana, kecewa berat karena sampai saat ini saldo rekening bansos BPNT-nya kosong alias saldo Nol.

Sudah banyak ditemukan penerima bansos BPNT yang saldonya kosong akan tetapi tidak melakukan tindakan apapun disebabkan karena mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan jika mendapati kondisi seperti itu.

Padahal pendamping program BPNT biasanya sudah melakukan sosialisasi setiap akan atau saat melakukan monitoring pencairan bansos BPNT, yang terjadi bisa saja para KPM tidak memperhatikan penjelasan dari pendamping tersebut.

Sehingga pada saat saldo tidak masuk rekening bansos BPNT-nya KPM bingung mau melakukan tindakan apa sebagai solusi dari masalah yang dihadapinya.

Salah satu penyebab terjadinya saldo kosong atau nol adalah tidak padannya data KPM yang tercantum di Kementrian Sosial (DTKS, Dukcapil, dan di Bank Penyalur).

Pada kesempatan ini juga admin akan berbagi info langkah-langkah yang harus dilakukan kalau sudah terlanjut mendapati kasus saldo kosong dan solusi yang bisa dilakukan. diantaranya sebagai berikut : 

Data KPM Tidak Padan DTKS
Status Kepesertaan : Aktif
Penyebab : Data NIK peserta tidak padan dengan DTKS
Solusi : Datang ke Kelurahan, kemudian hubungi operator SIKS-NG dan lakukan pencocokan data antara KTP, KK dan data yang tercantum di DTKS

Data KPM tidak padan Dukcapil
Status Kepesertaan : Aktif
Penyebab : Data NIK peserta padan dengan DTKS namun tidak padan dengan data Dukcapil
Solusi : datang ke bagian pelayanan di dukcapil kemudian minta dilakukan pengaktifan nomor KTP dan KK, jika KTP dan KK belum update, maka lakukan pembaharuan KTP dan KK lalu aktifkan keduanya saat itu juga setelah KTP dan KK sudah tercetak.

Data KPM tidak padan di Bank (Bank Penyalur)
Status Kepesertaan : Aktif
Penyebab : Data peserta sudah padan dengan DTKS dan Dukcapil akan tetapi data di bank belum padan.
Solusi : siapkan KTP, KK, Buku Tabungan Rekening bansos, dan Surat Pengantar dari Dinas Sosial setempat yang menyatakan bahwa anda benar-benar termasuk KPM bansos BPNT, kemudian datang ke Bank penyalur dan hubungi CS, untuk melakukan pencocokan dan ajukan perbaikan data sesuai dokumen.

Data keseluruhan sudah padan tapi saldo masih kosong
Status Kepesertaan : Aktif
Penyebab : Penyaluran bansos dilakukan secara bertahap menjadi beberapa termin
Solusi : Tunggu sekitar 1-2 minggu karena proses penyaluran bansos BPNT dilakukan secara bertahap dan melalui beberapa termin mengingat banyaknya bansos BPNT yang disalurkan setiap bulannya.

Data Dihapus
Status Kepesertaan : Dihapus
Penyebab : Dinilai sudah tidak layak lagi mendapat bansos BPNT oleh kemensos dengan melihat desil-nya sudah melewati ambang batas yang sudah ditentukan oleh kemensos.

Nah kalau para pembaca setia rinjanigaleri.com menemukan kasus seperti itu saat ini maka segera lakukan langkah-langkah diatas, supaya saldo kosong tidak terjadi dalam waktu lama bahkan imbasnya bisa mengakibatkan terputusnya bansos tersebut.

Post a Comment for "Lakukan Langkah Jitu Ini Sebelum Saldo Bansos BPNT Anda Kosong"