PDNW Lotim Gencarkan Pendataan Warga NW dan Anggota Barisan Hizbullah NW

PDNW Lotim Gencarkan Pendataan Warga NW dan Anggota Barisan Hizbullah NW


PDNW Lotim Gencarkan Pendataan Warga NW - Sistem Informasi Data Nahdlatul Wathan atau disingkat SIDNW yang digaungkan Pengurus Daerah Nahdlatul Wathan (PDNW) Lombok Timur terus digencarkan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Wathan (PCNW) se Kabupaten Lombok Timur.

“SIDNW sebagai sistem pendataan yang digunakan PDNW Lotim dapat merekam potensi nahdliyin (warga NW dan Anggota Barisan Hizbullah NW),” ujar Ketua Pengurus Daerah NW Lotim, TGH. Muzayyin Shobri, M.Pd.I.

Baca Juga : Barisan Hizbullah NW 5 Kecamatan Gelar Rakor Di Ponpes Al Ikhlas NW Bagik Payung

Dikatakan, Zaman sekarang, sensus warga yang berbasis data online sangat diperlukan, karena di masa sekarang dan mendatang semua yang berbau organisasi berbasis data dan dapat diakses secara online.

“NW sebagai organisasi terbesar di Nusa Tenggara Barat harus memiliki data keanggotaan yang faktual dan lengkap dengan potensinya. Potensi yang dia maksud berupa latar belakang pendidikan, kaderisasi dan hal lain terkait sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki NW,” kata TGH. Muzayyin Shobri, Selasa (8/2).

“Maka dari itu setiap ranting/posko harus ada minimal satu admin atau operator yang mampu mengoperasikan laptop atau komputer, minimal smartphone yang berbasis android,” sambungnya.

Dikatakan, di Lombok Timur kegiatan pendataan potensi warga NW saat ini mulai dijalankan secara massal di semua cabang NW sampai setiap ranting/posko. Data potensi yang diinput dari bawah dan berkala akan terus diperbarui.

“Ada data tambahan, atau ganti status keanggotaan semisal dari Anggota Barisan Hizbullah NW jadi Pasukan Inti, atau ada yang meninggal dunia diberi keterangan sendiri. Ini di-update oleh admin,” terangnya.
PDNW Lotim Gencarkan Pendataan Warga NW dan Anggota Barisan Hizbullah NW

Disampaikan, data yang masuk bisa diolah untuk kepentingan pengembangan organisasi NW dengan program yang lebih menyentuh warga NW secara langsung. “Data yang dimasukkan oleh para operator keamanannya dijamin, sehingga keamanan yang muncul dari beberapa anggota Jamiyah NW tidak perlu muncul lagi,” tegasnya.

Salah satu produk dari pendataan tersebut, kata TGH. Muzayyin berupa Kartu Anggota NW (KartaNW) yang dilengkapi dengan kode QR. “KartaNW yang baru ini lebih awet dan sudah ada QR Code. Ini untuk memastikan keaslian, dan bisa digunakan untuk bekerja sama dengan pihak-pihak tertentu dengan dasar teknologi,” tulisnya.

Ketua Lembaga Aset Nahdlatul Wathan (LAS-NW) sekaligus Koordinator Zona Tengah Barisan Hizbullah NW Drs. TGH. Khairi, M.Pd mengaku bangga dengan digitalisasi sensus warga NW. Oleh sebab itu, Koordinator Zona Tengah Barisan Hizbullah NW mulai menggiatkan para admin/operator Ranting NW dan Ketua Posko setelah mendapatkan pencerahan dan tata cara pendataan.

“Sekarang ini sudah mulai massif pendataan di semua Ranting dan Posko. Semoga saja bisa membantu program yang sedang diprioritaskan oleh PDNW Lotim, yaitu pendataan jamaah berbasis internet,” ucapnya.

Baca Juga : Warisan Berharga Nenek Moyang Sesepuh Desa Ketangga Kecamatan Suela

Sekretaris Cabang NW Kec. Suralaga, Zohri, SS menambahkan, ia juga mendukung program tersebut. Karena itu menggiatkan pendataan anggota dari badan otonom (Banom) NW yang ada.

“Kita maksimalkan mendata lembaga dan Banom, dari Barisan Hizbullah NW, Pemuda NW, Himmah NW, dan IPNW yang aktif. Mereka juga kami minta untuk membantu sosialisasi, biar memudahkan para admin saat mendatangi rumah warga,” pungkasnya. (MF)

Post a Comment for "PDNW Lotim Gencarkan Pendataan Warga NW dan Anggota Barisan Hizbullah NW"